Nuansa
Berjalan berdampingan di atas segala perbedaan, terasa tak mudah (memang)... Tetap mampu berdiri sendiri, (namun) terasa rapuh jika berjalan tanpamu... Always a reason behind something... #SahabatSejati

Monday, September 16, 2013

@KAFE_BANDUNG



Gue bukan orang yang terlalu suka jalan (uupss.. bukan jalan kaki).  Maksud gue, kalau ga di rumah.. ya gue lebih milih untuk cari tempat nongkrong atau tempat duduk saja.  Tapi.. bukan juga cuma duduk di Taman Walikota, atau Gazibu gitu.  Karena gue seneng ngobrol.. yaa, pastinya gue cari tempat yang bisa ngobrol 'n makan atau sekedar ngopi-ngopi.  Sebenarnya... ga semua tempat yang pernah gue singgahin, menyajikan kopi dengan 'taste' penikmat kopi sejati seperti gue (ciee.. ciee..).  Tapi.. menepi dengan sahabat, lantas berbincang melepas kepenatan setelah bekerja, semua tetap berasa istimewa kan.. guys?  Tetap menyenangkan saja.



Nah.. gue coba nih, paparin secara utuh.. perjalanan gue di tempat-tempat menarik menepikan waktu.  Memang siih.. belum sesempurna tulisan yang serupa di 'mbah' Google.  Tapi.maksud gue hadirkan ini, lebih untuk mengimbangi temuan-temuan yang gue rasakan, setelah baca ulasan yang ada dengan 'fakta' di lapangan.  Yaa... semuanya memang relatif.  Maka.. catatan gue adalah opini gue yaa?

Gue adalah orang yang 'apa ada'nya saja.. 

Hmm..
info sahih.. seharusnya lo bisa dapet di blog mereka, guys.. linknya gue kasih di atas.  Taapii.. belum lengkap siihh.  
Nge-blog memang ga semudah ngebalikin telapak tangan.  Hehehe..
Mudah-mudahan ke depan, mereka bisa menghadirkan info yang lebih lengkap. 
Link lain juga bertaburan.. jadi lo bisa pilih dari link yang gue sertakan.
Pokoknya.. menurut gue, kalau lo main ke Bandung, dan mencari tempat yang cozy untuk nongkrong bersama teman, sahabat atau kekasih, mungkin SG7 bisa menjadi pilihanmu... guys. 

Tempatnya.. nyaamaan banget.  Yang galau niih, wuuidihh.. pasti aadeem bener rasanya.  Pulang.. dengan perut kenyang, n hati tentram.  Enak ga tuuh??

Weeiittsss..., jangan berpikir kalau dompet lo bakal cekak di sini.  Menu-menu yang tersaji di sini semua dengan harga yang 'nyaman' untuk pelajar dan mahasiswa deeh.. Dijamin!


Yang bikin gue suka, cara penyajian dan nama-nama makanannya yang unik banget.  Lo bisa nemuin sushi yang lain dari yang lain.  Perpaduan antara Jepang dan Sunda gitu deh.. 
Membumi.. ga ngelupain Indonesia, "down to earth".  Hahaha...

Staff-staffnya juga raamaah.... banget, apalagi kalu pesen makanannya ga pake lama 'n ribet.  


Di  SG7 lo bisa kongkow, 'nobar', ngerayain ultah, arisan, reunian, dll.  Keereen ga tuuh?
Buat gue.. tempat ini selalu 'berkesan' dan ga pernah gue sesalin, karena jadi tempat pertama 'journey' gue.

  
Tempat ini juga amat menyenangkan.  Menu mereka memang 'western' dan harganya 'sedikit' menyesakkan kantong pelajarr dan mahasiswa siih.. 
Cuma 'worthed' laah.. buat lo ngajak pacar atau sahabat spesial lo.  Aseli.. makanan dan minumannya wuueenaaak banget.  Buat pengalaman pertama, kalau lo bakal pergi ke luar negeri gitu.  
Jadi.. lo ga bakalan.. konslet lidah, karena sudah latihan di Bandung.  Eeh Nanny's Pavilion ga cuma ada di Bandung doang kalee.. di Jakarta juga ada kok. Hehehehe..

Yang gue suka di Nanny's itu.. pancake-nya.. guys.  Aseli enak.. dan juara. Itu yang selalu buat gue datang ke sini. Karena dari semua tempat nongkrong yang pernah gue datangin 'n coba pancake-nya, belum ada yang ngalahin pancake Nanny's.  Mungkin... secara 'originally' resep nenek kali yaa... 
wkwkwkwkwkk....

Staff-staff mereka ramah-ramah, dengan penampilan yang 'ga' biasa, menarik.. dan pelayanan mereka cepat kok..
Selain pancake yang 'lazziiizz', lo bisa coba beragam rasa 'Lemonade'.  Kalau gue.. dengan tambahan buah Apricot.  Karena.. memang jarang loh.. bisa nemuin buah ini di Indonesia.  Kalau pun ada, biasanya sudah dikeringkan.  Yuuummiiyyy....
So.. sesuatu kan?? 

Gue nemuin tempat ini, jujur.. karena pengen liat "Bandung's Night View".  Dan pas mencari di Google, di sinilah salah satu tempatnya.
Nyari tempatnya.. memang harus berjuang, karena waktu itu gue pake angkutan umum.

Kopi Ireng berada di daerah Dago Atas, jadi.. setelah lo berhenti di terminal Dago, lo harus nyambung angkot yang ke arah Ciburial.  Angkot ini.. ga terlalu banyak armadanya. Jadi.. siap-siap aja nunggu lama.  Kalau backpacker.. mungkin milih jalan kali... hanya, ga gue saranin. Jaauuuhh.... hahahaha. (psstt... gue pernah coba, 'n hanya kuat separuh jalan. *wink).
Nah, karenanya.. gue saranin lo kalau ke Kopi Ireng, ngajak temen, sohib atau ortu deeh.  Biar ada ojeg atau tumpangan mobil gratis gituu.. 
Soalnya, angkot yang ke arah Ciburial, memang ga 24 jam.. guys.  Repot kan.. kalau lo ga bawa kendaraan pribadi.  Yaa.. memang bisa pake ojeg siihh.  Artinya lo akan ngeluarin biaya ekstra kali yaa??

Hanya setelah perjalanan panjang, lo ga akan nyesel.  Apalagi, karena sebelum lo masuk, lo harus menaiki sejumlah anak tangga yang bisa buat lo olahraga gratis.  Hehehehe..
Setelah perjuangan itu... akan terbayar lunas kok.  Pemandangan yang bisa lo liat di sini, setelah sunset, memang spektakuler.  Taburan lampu dari kota Bandung, super duper kereenn..  Wuuuiihh,, berdecak kagum gue melihatnya.  Karena letaknya di Dago Pakar, yang pasti lo harus bawa jaket juga.  Apalagi kalau lo nongkrong sampe malam.  Di malam minggu mereka memang buka hingga tengah malam/dini hari.  Diingiin banget...

Menunya beragam, 'western' dan ada masakan Indonesia juga kok.  Buat penggemar kopi, pilihannya baanyaak.. banget.  Recommended semua..  Silahkan coba sesuai selera deeh.. Mau panas atau dingin.


Yang bikin berkesan, di tempat ini lo bisa pesan minuman khas Indonesia.  Ini hampir ga pernah gue temui di kafe lain.  Yang gue suka di Kopi Ireng adalah "Jahe Pletok", dan kalau suka susu, lo bisa pesen "Jahe Pletok Susu".  "Kopi Jahe" juga ada.. Hangaat.. kalau diseruput ketika malam menjelang atau ketika hujan menemanimu di sini.  hhhhhmmmh... nikmatnya.  Makanan yang disajikan di sini juga beragam, mulai menu western atawa aseli Indonesia.  Semua 'recommended', tapi kalau gue.. selalu merindukan omelettenya.  Menurut gue omelette di sini termasuk yang te o pe be be ge te (top bgt..).  Kopi yang disajikan juga memiliki varian yang beragam.  Dan pastinya, karena gue penikmat kopi sejati, maka kopi yang disajikan tetap memunculkan rasa khas kopi, yaitu rasa pahitnya. Kan.. namanya juga kopi digulaan.. bukan gula dikopian. Hahaha.. :D
So.. semua kompliit kan...guys?

Kalau lo mau kebagian tempat yang 'cozy' untuk liat pemandangan, yaa.. lo harus cepet-cepet alias datang lebih awal, biar kebagian daerah balkon.  Hingga lo bisa kenyang di perut dan sejuk di mata kan? Sempurna...


Tempat ini juga jadi andalan gue menepi.  Karena dari gambar di sebelah.. lo bisa liat kan.. Bandung View-nya seperti terlihat dari LCD yang sangat lebar dan besar.  
Dan gue bisa bilang, pemandangan di Dapoer Oma ini 'the best'.  Menurut gue.. *wink

Selain itu, yang buat gue betah berlama-lama di sini, adalah ketenangannya.  Kalau lo sedang suntuk berat, atau banyak tugas, rasanya.. di sini adalah tempat yang tepat.

Karena Dapoer Oma ini seringkali jadi pilihan gue untuk menepi..maka hampir semua menu di sini, pernah dicoba.  Harganya sangat bersahabat dengan kantong pelajar dan mahasiswa kok. Aseli... wwueenaaakk, *wink

Kalau lo mau menikmati kopi luwak yang bersahabat dengan kantong, yaa.. lo bisa coba di sini.  Biasanya.. lo bisa nikmatin kopi ini di kisaran 70-100 ribu kan?  Di sini lo bisa nikmatin dengan harga 25 ribu atau 50 ribu, tergantung jenis kopi yang lo nikmatin.  Wuiiihh... asyik ga tuhh?

Secangkir kopi luwak robusta ditawarkan dengan harga Rp25.000 dan untuk kopi luwak Arabica dibandrol dengan harga Rp50.000. 

Perbedaan kedua kopi ini terletak pada kepekatannya, kopi luwak arabica lebih pekat dan terasa lebih manis dari kopi luwak robusta.
Harga yang cenderung lebih murah ini diakui Aep Andrys, pemilik Dapoer Oma, dikarenakan dirinya mendapatkan langsung biji kopi luwak dari Lampung. Sedangkan untuk pengolahannya dilakukan sendiri di Dapoer Oma.

Buat gue.. menu-menu yang tersaji bisa menjadi pilihan lo untuk nongkrong lama-lama, sambil liat Bandung di malam hari.  Tempatnya tenang 'n romantis..
Steak 'n Ribs-nya juga enak, ..yuummyy.., dengan harga yang.. mmmm... 
Dan, pastinya yang paling asyik.. ga akan bikin kantong atau dompet lo.. bolong-bolong tersiksa.  Hehehehe....


Haaayyy... sudah lama ga gue masukkan update tentang petualangan wisata kuliner gue.  Hmm.... maklum kesibukan terlalu membunuh gue. Hahahaha... sok sibuk banget ya?

Kali ini gue buka lagi lembaran kafe ini dengan wisata menu yang berbeda.  Hawaiian cuisine.  Sering melintasi tempat ini memang.. di perjalanan pulang dari Dago setiap mencoba menu di kafe-kafe yang hampir menyuguhkan pemandangan Bandung yang indah di malam hari.  Namun baru kali ini benar-benar menyempatkan diri singgah, karena memang sedang ingin menikmati menu "out of box".  Lokasi resto Aloha 'aina ini terletak di Cigadung Raya Barat (dekat Dago Golf).  Memang untuk yang ga punya kendaraan pribadi, akan sedikit kesulitan jika ingin menikmati hidangan di malam hari, karena angkutan umum yang melintasi daerah ini hanya hingga pukul 17.00 saja. 

Pelayanan yang diberikan di tempat ini, luar biasa... Karena gue diberikan penjelasan tentang menu-menu mereka dengan penjelasan yang jelas dan ramah sebelum diberi kesempatan untuk memesan menu.  Ini berlaku untuk semua pengunjung baru di tempat ini.  Maka... ga perlu juga parno untuk salah milih menu yang sesuai dengan lidah lo kan.. guys?

Aloha 'aina memiliki sejarah yang bisa lo baca di link yang gue sertakan.  Rasanya pengalaman pertama gue cukup berkesan deeh.. Kalau lo suka cumi dengan penyajian yang berbeda, Spicy Ika bisa jadi pilihan.  Untuk desert, gue pilih Pineapple Upside-Down Pie.  
Semua cukup memanjakan lidah dan rasanya ga terlalu asing kok.

Sedangkan menu andalan resto ini antara lain: Ono Poke, Paniolo Seak, Creamy Black Pepper Steak, Huli-huli Chicken, Loco Moco, Aloha Tuna Spagheti, Spicy Ika, dll. Untuk minuman: Pina Colada, Lava Flow, ALoha Mojito, Cinnamon Ice Tea dan Blue Hawaii.  




 



 

No comments:

Post a Comment