Nuansa
Berjalan berdampingan di atas segala perbedaan, terasa tak mudah (memang)... Tetap mampu berdiri sendiri, (namun) terasa rapuh jika berjalan tanpamu... Always a reason behind something... #SahabatSejati

Tuesday, September 10, 2013

CINTA MELAMPAUI MASA




ULASAN BUKU:


Buku ini berasal dari kumpulan cerita dari KISAH (Kontes Inspirasi dan Harapan) 2009, yang diterbitkan oleh Esensi (Erlangga Grup) ini dilengkapi prakata yang tersadur dari tulisan Kahlil Gibran:


"Bila cinta mendatangimu, ikutilah dia walaupun jalannya sulit dan terjal dan ketika sayapnya mengembang mengundangmu, datangilah walaupun pedang yang tersembunyi di antara ujung sayapnya dapat melukaimu."


Setiap untaian cerita perjalanan cinta di kehidupan nyata, memang hampir tak selalu seindah dan sesempurna cerita yang sering terlihat di layar kaca.  Hmm... walau hidup tanpa cinta, memang benarlah seperti sayur tanpa garam.  Oleh karenanya, Cinta tetap menjadi harapan di kehidupan manusia.  Dan memang tak selamanya berakhir indah, 'tak harus saling memiliki' dan melampaui banyak ujian. 

Hal yang paling menarik jika anda membaca buku ini adalah keaslian cerita-ceritanya, karena berdasarkan pengalaman nyata yang ditulis apik oleh penulis-penulis baru berbakat.  Di sinilah, anda bisa menggali pengalaman hati agar selalu dapat mensyukuri cinta di kehidupan, apapun cerita yang dibawanya.

Buku ini terdiri 10 Bab:

Bab 1
Tiga Sungai Utama
Andriani S. Kusni
Bab 2
Jejak-jejak Takdir
Made Teddy Artiana
Bab 3
Pasir di Telapak Tangan
Tita Alissa Listyowardojo
Bab 4
Abrasi
Riawani Elyta
Bab 5
Bunga Kaca
Bayu Gautama
Bab 6
Cintamu Tanpa Cacat
Joko Slamet
Bab 7
Hanya Cinta Biasa dari Orang Biasa
Asa Mulchias
Bab 8
Kisah Cintaku Tak Berujung
Isti Kumalasari
Bab 9
Romansa Tiga Dasawarsa
Lia Indriati
Bab 10
Untung ada Bintang
Maria Silvia Merry

Bab 1
Tiga Sungai Utama
Perjalanan pencarian cinta yang luar biasa, berujung pada ‘soulmate’ yang datang dari sisi yang tak terduga, dengan cara yang tak biasa. YM.  Yaa.. dunia maya mempertemukan dua insan yang menjadi belahan jiwa.  Perbedaan usia, masa, dan karakter tak bisa menjadi penghalang.  Karena cinta tak pernah mencari kesempurnaan.  Rekaman jejak perjalanan cinta mereka terabadikan dalam puisi-puisi yang disertakan penulisnya.  Sangat indah dan manis.  Mengharu biru. Yaa.. cinta memang selalu bisa membuat dunia begitu berwarna.

Bab 2
Jejak-jejak Takdir
Kisah cinta sejati Eyang Kakung dan Eyang Putri yang dituturkan oleh cucu mantu.  Perjalanan yang luar biasa.  Menuntaskan perbedaan status yang selalu menjadi ‘tanya’ yang tak berujung.  Bisa menghadirkan kelokan tajam dan onak di satu hubungan.  Kesejatian itu hadir di dalamnya, ketika hanya maut yang mampu memisahkan.

Bab 3
Pasir di Telapak Tangan
Perjuangan seorang wanita yang meretas mimpi dengan menepis keras keinginan ‘terikat’ dalam mahligai rumah tangga.  Namun, cinta tetaplah bunga kehidupan yang indah, hingga mempertemukannya pada perjalanan cinta yang manis.  Hanya jika landasan yang menjadi dasar adalah pasir, maka cepat atau lambat, karamlah perahu cinta itu.  Sikap yang bijak ditunjukkannya dengan mengatakan bahwa ikatan keluarga adalah cinta yang melampaui masa.  Indah kan?

Bab 4
Abrasi
Cinta.. keindahan yang selalu menuntun setiap anak manusia untuk meretas rasa hatinya.  Pengorbanan tentu harus bisa dimaknai dengan ketulusan di semua hubungan.  Dan memang harus dilakukan oleh kedua belah pihak yang terlibat.  Karena jika hanya dilakukan oleh satu pihak saja, maka perlahan perahu itu akan tenggelam dan karam sebelum berlabuh.
Hmm.. perjalanan cinta yang mampu mengajari tentang hidup dan kehidupan.

Bab 5
Bunga Kaca
Perjuangan untuk menemukan orang yang ‘tepat’ sebagai partner menempuh hidup, memang membutuhkan waktu.  Terkadang ada yang tak membutuhkan itu.  Namun sebagian lagi, harus terjatuh dan kembali bangkit memperjuangkan apa yang diyakininya.  Dalam kisah ini, tanjakan terjal dan jalan yang berliku, diretas dengan keyakinan yang teramat kuat, walau pun pecahan bunga kaca cinta itu benar melukai.  Kesabaran jua yang menuntun doa yang dijawabNya.

Bab 6
Cintamu Tanpa Cacat
Banyak yang selalu melihat kesempurnaan manusia dari fisiknya.  Menilai isi buku dari sampulnya.  Kisah ini mewakili sebuah kesempurnaan hati dan cinta Mas Joko untuk tetap berkarya di keterbatasannya sebagai disable.  Cintanya begitu tulus, mampu mengilhami anda yang terpuruk.  Karena bagi Tuhan, semua makhluk diciptakan dengan keistimewaan yang melengkapi ketidaksempurnaan.  Sempurna adalah milikNya saja.

Bab 7
Cinta Biasa dari Orang Biasa
Seringkali kita lebih melihat keindahan yang tak termiliki di tempat lain.  Padahal apa yang telah hadir, adalah sebaik-baik tempat menurutNya.  Kisah ini menuntun anda untuk mengerti bahwa memberi jauh lebih baik dari pada menerima.  Mencari lebih baik dari pada meminta.  Menjadi pahlawan bagi hidupnya, dan pahlawan bagi dirinya sendiri.  Karena kita memang hanya manusia biasa.

Bab 8
Kisah Cintaku Tak Berujung
Perjuangan cinta selama 10 tahun yang harus terpisahkan tanpa ujung bahagia.  Persetujuan orangtua yang menjadi dasar penolakan dan penerimaan pasangan hidup memang harus dijadikan tolak ukur untuk memudahkan perjalanan di masa depan.  Walaupun tanpa ujung, cinta adalah ketulusan.  Hingga jika itu telah hadir, maka keindahan rasa akan tersongsong dengan indah di masa depan.

Bab 9
Romansa Tiga Dasawarsa
Dalam kisah ini, perjuangan seorang gadis dalam meretas masa depan yang lebih baik, mengantarkannya pada kesejatian cinta yang memang harus diperjuangkan.  Tak ada  yang mudah dalam hidup, namun bukan berarti tak bisa dijalani dan dihadapi.  Jika semua rintangan tetap dijalani dengan kesabaran dan senyuman, romansa itu menjasi bunga ‘syukur’ yang indah yang bisa diteladani generasi penerusnya.

Bab 10
Untung Ada Bintang
Memang tak mudah menentukan “soulmate” yang tepat dalam hidup.  Ibarat sedang berada di toko serba ada, seringkali tergoda untuk memiliki semuanya.  Namun hakikatnya, semua pilihan akan terlihat begitu ‘sempurna’ jika hanya berdasarkan emosi sesaat.  Jatuh dan bangun adalah hal yang wajar dalam hidup.  Yakini saja.. selalu ada Bintang yang selalu menerangi jalanmu.

Yakinlah.. jika anda memiliki waktu luang (walau sebentar), buku ini akan memberikan 'makna' yang mampu memompakan semangat menghadapi hari dengan Mentari pagi dengan senyum.
Selamat membaca dengan CINTA di lembaran hatimu!

No comments:

Post a Comment